Dirimu adalah Dirimu!!!

Dirimu adalah dirimu

Yohanes 9 : 1-3
“waktu Yesus sedang lewat. Ia melihat seorang yg buta sjak lahirnya. Murid-murid-NYA bertanya kepadaNYA ” Rabi ,
siapakah yg berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?
jawab YESUS ” Bukan dia dan bukan juga orang tuanya , tetapi karena pekerjaan pekerjaan ALLAH harus dinyatakan di dalam dia”

Saya percaya, sala satu alasan Yesus memilih dilairkan di keluarga miskin adalah untuk menunjukkan bahwa keberhagaan tidak datang dari penampilan lahiriah.
Jika anda membaca kisah Yesus semasa Hidupnya, ada sebuah peristiwa ketika Yesus ditolak sebagai nabi di kampung halamannya sendiri.
alasannya sederhana, karena Yesus lahir dari keluarga yg kurang mampu dan pekerjaan ayahnya hanyalah
tukang kayu. Tukang kayu bukanlah pekerjaan yg membanggakan.

Pernahkan anda dihina atau ditolak karena anda berasal dari keluarga kurang mampu atau dari keluarga
dengan stautus sosial yg biasa-biasa saha? jika anda pernah mengalaminya, yakinlah bahwa Yesus sangat
mengerti perasaan anda. Bahkan , ketika pada saat itu , Yesus hampir dilempari batu oleh penduduk kampung halamannya sendiri.

Dengan perisitwa yg Yesus alami, saya ingin menyampaikan kepada anda, bahwa dalam hidup ini kadangkala ada hal-hal yg bisa anda ubah, bahkan ada hal-hal yg harus anda ubah.
tetapi anda juga harus tahu bahwa ada hal-hal lain yg tidak bisa anda ubah dan harus menerimanya. anda tidak bisa memilih siapa orang tua anda.
banyak orang menyesali lahir di keluarga yg kurang mampu dan sering berandai- andai bagaimana rasanya lahir sebgai anak pengusaha

Ada juga yg membenci TUHAN karena lahir tanpa merasakan kasih sayang ayah atau kasih sayang ibu karena mereka sudah mennggal lebih dahulu.bahkan, banyak juga yg menyesal lahir
sebgai orang indonesia dan berharap bisa lahir di negara lain, jika anda bsa dilahirkan kembali dan anda boleh memilih kondisi kelahiran anda, apakah anda akan tetap berkata ingin
dilahirkan seperti dulu anda dilahirkan? hampir 100% orang yg mendapat pertanyaan ini akan
menjawab “Tidak” . karena mereka ingin dilahirkan dengan kondisi yg berbeda.

yg lebih sulit adalah ,jika hal-hal yg tidak bisa kita ubah berhubungan dengan kondisi fisik atau penampilan kita. lahir
dengan kondisi cacat atau kekurangan pada tubuh kita adalah sebuah kenyataan yg sangat ditolak oleh banyak orang.

mungkin Anda pernah mengahukan pertanyaan yg sama dengan murid-murid Yesus, seperti yg kita baca pada ayat di atas” Siapakah yg salah? apakah dosa atau kutukan hingga jadi begini”?
memang menurut mereka yg ahli dalam hal okultisme , jika orang tua suka berhubungan dengan kuasa gelap dan memakai pesugihanm biasanya iblis akan meminta tumbal
dalam bentuk anak yg lahirnya cacat atau idiot.
bahkan bisa juga sampai mengalami kematian. atau ada juga beberapa kasus orang yg coba digugurkan tetepi tetap bertahan. dan akhirnya lahir dengan keadaan cacat. namun apapun penyebabnya, saya
percaya TUHAN memang mengijinkan semuanya bisa terjadi

“Mengapa Tuhan mengijinkannya? apakah Tuhan tidak adil dan kejam ? suka mempermainkan nasib manusia? ” jawabannya ada di ayat yg kita baca di awal tadi. . Pekerjaan ALLAH harus dinyatakan melalui hidupnya.
kalau tidak ada kelemahan, bagaimana ALLAH akan menunjukkan mukjijatnya? bukanlah orang buta di alkitab itu dipakai ALLAH untuk menunjukkan kuasa penyembuhan Yesus?
bukankah latar belakang sosial ekonomi Yesus dipakai ALLAH untuk menujukkan , bahwa ALLAH ingin memakai siapa saja tanpa memandang penampilan kita

Saya sendiri memiliki banyak kekurang yg tidak bisa saya ubah. pada awalnya saya sangan membenci kekurangan ini dan mempertanyakan mengapa? . namun , sekarang saya menyadari bahwa Tuhan ingin memakai saya untuk memulihkan hidup orang-orang yg mengalami hal yg sama seperti saya
pekerjaan ALLAH ingin dinyatakan melalui hidup saya.

Jika seorang teman bercerita kepada anda, bahwa dia baru saja putus cinta, sementara anda belum pernah mengalaminya kemudian anda berkata, “tenang teman , Tuhan pasti menyediakan yg terbaik bagimu..” tentu saja teman anda akan sewot dan berkata.
“kamu sih enak! ngomong doang gampang, kamu kan belum pernah tau rasanya putus cinta!” bukanlah keadaanya berbeda jika anda pernah mengalaminya dan berhasil melaluinya. jika
anda memiliki kekurangan yg tidak bisa anda ubah,apa yg harus anda lakukan adalah, terimalah diri anda apa adanya. jika anda saja tidak bsa menerima diri anda sendiri, bagaiman mungkin orang lain dapat menerima anda?
jika anda tidak menghargai diri anda sendiri, bagaimana mungkin orang lain akan menghargai anda?

Setelah anda menerima diri anda, yakinlah bahwa ALLAH ingin menyatakan pekerjaan-pekerjaan-NYA yg besar melalui anda. ijinkan DiA memulihkan hidup anda. ijinkan DIA memproses hidup anda agar DIA bsa memakai anda. Terimalah setiap pembentukan yg ALLAH lakukan.
memang terasa sakit, tetapi saya percaya satu hal , jika ALLAH mengijinkan anda mengalami kondisi seperti itu, artinya ALLAH sangat menghormati anda,dan percaya anda memiliki daya tahan jauh lebih kuat daripada orang lain.
anda dipercayakan sesuatu yg besar,ijinkanlah ALLAH memulihkan anda.

Hal terakhir yg harus anda lakukan adalah mulailah membantu oranglain yg mengalami keadaan yg sama dengan anda. tunjukanlah bahwa ALLAH bsa memakai anda dan ALLAH juga mampu
memakai mereka. jadilah kekuatan, inspirasi dan sahabat bagi mereka , jadilah api yg menyemangati hidup mereka.

di akhir bagian ini, saya ingin menceritakan kepada anda mengenai nick Vujicic. Dia adalah orang yg lahir tanpa memiliki tangan dan kai. para dokter tidak memiliki penjelasan mengapa nick bisa lahir dengan keadaan seperti itu.
namun, Nick mampu menerima kekurangannya dengan luar biasa. sekarang ia berkeliling dunia untuk memberikan motivasi dan ispirasi bagi orang lain.
kalu Nick saja mampu menerima dirinya apa adanya, bagaimana dengan anda?

ada seorang sahabat yg berkata kepada saya ” Orang yg cerdas emosinya adalah orang yg mampu menerima dirinya apa adanya dan memandang dirinya secara positif”

Tips: tuliskan 3 hal yg tidak bisa anda ubah dalam diri anda di selembar kertas, yg menjadi beban anda. kemudian, berdirilah di depan cermin dan tatap mata anda dalam-dalam , sembari katakan “TUHAN menciptakan dirimu berharga dan sempurna sesuai dengan tujuannya yg mulia. aku menerima kelemahanmu
(sebutkan kelemahan anda) dengan apa adanya. kamu tidak perlu minder , khawatir , dan takut. Tubhan bisa memakaimu dengan luar biasa. bersemangatlah , dan jangan putus asa! ” Lakukan ini setiap anda akan atau setelah mandi.
anda juga boleh membuat variasi dengan membacakan ayat yg bisa mendorong iman anda untuk bangkit. jangan lupa untuk terus menatap mata anda dalam dalam- saat mengucapkannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s