Narcisme!!!

Narzizzme!

Amsal 27 : 2
” Biarlah orang lain memuji engkau dan bukan mulutmu, orang yg tidak kaukenal dan bukan bibirmu sendiri”

Saya pernah bertemu dengan seseorang yg sangat gemar menceritakan tentang dirinya sendiri. setiap kali terlibat dalam sebuah percakapan, ia
tidak akan pernah luput untuk menceritakan tentang dirinya. mulai dari prestasi yg pernah dibuatnya, pengetahuan yg dia miliki,
dan juga kenalan-kenalannya yg punya reputasi. Kata ” saya” adalah judul utama dalam setiap pembicaraannya. lama kelamaan
saya menjadi malas untuk terlibat dengan orang ini.

Sadarkah anda, kalau manusia adalah mahluk yg gemar di puji dan di hargai? bagaimanapun, kebutuhan untuk dihargai adalah kebutuhan mutlak yg tidak
bisa kita sangkali. Tetapi , jika anda bertemu dengan seseorang yg sibuk membanggakan dirinya dan bercerita mengenai dirinya, apakah reaksi anda? bukan memenuhi kebutuhan anda, dia
malah asyik memenuhi kebutuhannya sendiri di depan anda. hal ini ibarat , dia sedang makan enak sambil
menceritakan betapa lezatnya makanannya, di hadapan anda yg sedang kelaparan. Bukan hal yg menyenangkan, bukan?

Salah satu tanda orang yg cerdas emosinya adalah kemampuannya untuk membaca kebutuhan emosi orang lain dan memenuhinya . anda tentu sering menjumpai seorang anak kecil yg berlari pada orang tuanya sambil memperlihatkan hasil gambarannya. kebutuhan emosi anak itu sudah jelas,
yaitu pujian dan penghargaan. Tentu saja orang tua yg cerdas emosinya akan memberikan pujian tulus dan mengarahkan anaknya untuk lebih berkembang.

Saya pernah berjumpa juga dengan seseorang yg mudah memuji. Dia tidak sibuk menceritakan kehebatannya, malahan, dia sibuk bertanya-tanya tentang saya dan terlihat tertarik dengan saya. saya merasa nyaman dan tenang berhubungan dengannya. kalau saya mengingat pertemuan saya dengannya,
saya merasa bahwa dia adalah orang yg cerdas emosinya. dia bissa membaca kebutuhan emosi saya dan memenuhinya.

Mulai sekarang, cobalah berfokus pada orang lain. ketika anda terlibat dalam sebuah komunikasi, tertariklah pada lawan bicara anda,
bersemangatlah dengan hal-hal yg ada pada dirinya dan berusahalah juga untuk memberikan pujian yg tulus. anda tidak akan menyangka
betapa hebat dampak yg akan anda rasakan! Psikolog ternama dan ahli komunikasi yg bernama Dale Carnegie
mengatakan sebuah pernyataan yg sangat luar biasa : “YOU CAN make more Friends in 2 Months by becoming interested in other people than You can in 2 Years by trying to get other people interested in You”

Enough For narcism , Ok?

seorang sahabt yg berkata kepada saya , ” Orang yg cerdas emosinya mengenali kebutuhan emosi orang lain dan memenuhinya pada saat yg tepat dengan tujuan yg tepat pula”

Tips: Hari ini , cobalah untuk tertarik pada teman / rekan kerja anda. cobalah bertanya-tanya mengenai dirinya, mengenai prestasinya, mengenai hal-hal positip dalam dirinya. Lihatkah bagaimana reaksinya terhadap anda.”

Leave a Reply

