tips Memilih Laptop Murah untuk Main Game

tips Memilih Laptop Murah untuk Main Game

Berikut adalah tips agar Anda tidak salah memilih laptop yang akan digunakan untuk bermain game, dan tentunya tanpa harus memaksa Anda membobol rekening tabungan.

Quote:1. Jangan terpaku dengan besar memori VGA

Kebanyakan user terpaku dengan besaran memori VGA. Hal semacam ini menjadi celah bagi penjual nakal untuk membujuk rayu konsumen membeli produknya dengan dalih memori besar. Padahal yang utama dari sebuah VGA adalah chipsetnya.

Perlu diingat bila seri chipset kartu grafis pada laptop adalah chipset grafis versi mobile sehingga tidak bisa dibandingkan dengan chipset grafis yang diperuntukkan untuk komputer desktop. Semisal bila Anda akan memilih laptop dengan kartu grafis Nvidia 560M maka performanya tidak akan sehebat GTX 560 versi desktop, walaupun jenis chipsetnya sama.

Perbedaan ini lebih dipengaruhi karena masalah panas dan konsumsi daya yang lebih ketat untuk laptop. Pastikan juga Anda tidak memilih laptop dengan VGA onboard (semisal Intel GMA) jika ingin menggunakannya untuk bermain game. Hal ini dikarenakan VGA onboard tidak akan mampu menjalankan game dengan mulus.

Quote:2. Pilih laptop yang menawarkan kemudahan upgrade komponen

Beberapa laptop menyediakan pilihan agar beberapa komponennya (seperti RAM, VGA dan hardisk) bisa diupgrade. Sebisa mungkin carilah seri yang mendukung untuk kebutuhan ini.

Bila memiliki dana lebih, Anda bisa mengganti komponen-komponennya tanpa perlu membeli laptop baru. Jadi, jangan lupa tanyakan pada penjual apakah penggantian komponen pada notebook tertentu dapat dilakukan dengan mudah atau tidak.

Quote:3. Perhatikan ukuran dan resolusi layar

Ukuran dan resolusi layar sering berhubungan erat, dan ini amat penting untuk sebuah game. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat tuntutan sebuah game akan chip grafis yang baik.

Jadi jika laptop Anda hanya dilengkapi chip grafis yang pas-pasan, maka layar dengan resolusi terlalu tinggi akan menyebabkan game berjalan dengan setting minimum dan agak lambat.

Ukuran layar sendiri juga penting, mengingat bermain di layar yang berukuran terlalu kecil jelas akan mengganggu keasyikan bermain game itu sendiri. Kami sarankan, minimal Anda memilih laptop dengan layar berukuran 14 inci atau 15 inci jika sering bepergian membawanya, atau dengan layar berukuran 17 inci, jika bermaksud menggunakannya sebagai pengganti desktop dan Anda tidak sering membawa-bawanya.

Quote:4. Pastikan konektivitas sesuai dengan kebutuhan

Untuk bisa bermain game dengan nyaman, Anda tidak akan bisa mengandalkan touchpad. Untuk itu Anda memerlukan keyboard dan mouse gaming yang berkualitas.

Pastikan laptop Anda memiliki port USB yang cukup untuk memasang mouse, keyboard, gamepad/joystick dan pendingin laptop, karena saat digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berat seperti game laptop akan cepat panas.

Perhatikan juga apakah laptop Anda telah memiliki koneksi HDMI atau setidaknya VGA, sehingga sewaktu-waktu Anda bisa menghubungkan laptop ke TV atau monitor dengan ukuran layar yang lebih besar.

Quote:5. Spesifikasi tertinggi belum tentu berarti yang terbaik

Jangan terpaku dengan seri tertinggi laptop yang akan Anda beli. Ada baiknya untuk memilih laptop yang berada 1-2 seri lebih rendah dari seri teratas, karena performanya tidak akan terlalu jauh namun dengan selisih harga yang cukup banyak.
 

Spoilerfor saran dari teman:
usahakan laptop nya punya spek grafis (kalau processor amd: grafis nya ati radeon. Kalau processor intel, grafis nya geforce).pilih memory yg gede (ram minimal 2gb ddr3 1333)

Merk yg patut jd pilihan: antara asus,lenovo,dell,toshiba & MSI

 

 

Spoilerfor tambahan dari agan yg lain:
Quote:Original Posted By wilsonindra
untuk laptop main game, yang paling penting cari vganya yang mendukung 128 bit, bukan yang 64 bit.
Quote:Original Posted By lordubay
sekarang udah banyak laptop game harga murah. saya sendiri pake asus k43by klo gak salah, harganya waktu itu 4jt termasuk bonus ram. sekarang mesti udah turun.
Quote:Original Posted By venomjun
nice info gan..kebetulan ane kerja di toko komp,dan pembeli ane rata2 mahasiswa..kalo nyari selalu “mas,laptop yg VGA nya 2GB apa aja?”..kyknya emang perlu edukasi lebih lanjut deh masalah memory pada VGA..hahaMemory pada VGA diperlukan kalau resolusi screen laptop kita tinggi (cth : 1920*1080) atau rencana main game dicolokin ke LCD resolusi tinggi..untuk multiscreen simultan jg diperlukan memory VGA yg gede..

untuk VGA paling gampang dilihat seri nya aja,kebetulan untuk laptop lebih mudah dimengerti daripada di desktop..
cara gampangnya :

Untuk Nvidia umumnya ada 3 digit..
digit pertama menunjukkan generasi
digit kedua dan ketiga menunjukkan seri/performance
misal Nvidia GT630..artinya dia generasi ke 6 dengan seri 30
jd Nvidia GT 630 vs GT 540 bisa dibilang hampir sama performance nya..perbedaan nya cuma di adopsi teknologi nya tentunya generasi terakhir lebih canggih

Untuk radeon mirip sama Nvidia,bedanya cuma radeon ada 4 digit
digit pertama untuk generasi
dan 3 digit lainnya performance nya

oh iya..pemilihan processor jg pengaruh gan..ati2 salah pilih antara prosesor low voltage dan standar voltage..tentu saja untuk game ane rekomen standar voltage

CMIIW

Quote:Original Posted By pikoq
ko dell ga masuk gan…ane udah 2 taun make dell buat maen pes2013,cod mw3,blackopp,residen evil 5,betelfil 3,lancar jaya gan..ga ngelek…ram 2gb vga 1 gb.ati radeon,i3..kalo di bandingin sama temen ane dia pake lenovo nvidia i3 spek sama..maen pes 2012 dia langsung overhid.begitu juga dengan msi temen ane…berarti dell cukup kuat gan..
Quote:Original Posted By dboy777
nice tips.. bisa buat bagi2 ke agan lain. karena ane sendiri pake Asus A42D. udah amd phenom X4, ada radeon 6470 1gb, cukup buat game..
harga juga bersahabat. 1 tahun lalu 5,4jt. skrg mestinya udah turun.
emang harus pinter2 nya cari kayak gni
Quote:Original Posted By stk.zee
ane dapet asus x43u gan, cuman 3,4 juta tpi bisa ngangkat game2 yang sedang gan, worth banget nih lepiii
Quote:Original Posted By stylish16
tambahan gan..
laptop alienware seri m14x
itu di desain bwt gaming abiss
Quote:Original Posted By kunday
ane baru beli lenovo G480 i3+geforce gan

lumayan keangkat buat maen PES 2013 & dirt 3
Quote:Original Posted By namsadin
ikutan bagi saraN, buat gamer mania yg butuh laptop gaming tanpa pduli merk.pure ngejar price/peforma,lirik forsa tUh.. bujet under 1500$ dah dapet top procie+vga gtm670
10jeti dah dapet gt570
4jeti dah core i7 plus gt335..
Quote:Original Posted By Lientz
Berdasarkan pengalaman cuma 2 yg paling penting…
– VGA High End, coba abaikan spek Ram dll nya. Silahkan cari sendiri Benchmark VGA anda di internet (notebookcheck misalnya)
– Suhu, faktor ini kadang sering di abaikan… padahal ini sangat penting. Meski Spek lapie dewa, tp suhunya ga dingin, bakal ada penurunan performa gede bgt dari hardware. Ane sendiri pernah beli lapie dengan spek dewa, tp karena panas jd ga bisa maen game lebih dr 5 menit

Skarang ane pake HP Pavilion DV-4 (seri blakangnya lupa). VGAnya ATI 6750, i5 2410. Ane baca reviewnya suhunya dingin, dan memang. Ane beli 6 jt (Import Singapur, karena resmi Indonesianya bisa 10 jt ). Udah setaun lebih, dan ampe saat ini belom ada game yg lag di mainin di sini (Setting Normal. sample game, Assassin Creed, GTA 4, Sleeping Dog, COD, Batman, dll)

Sumber : Kaskus

One thought on “tips Memilih Laptop Murah untuk Main Game

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s