Pizza; Awalnya Dikonsumsi Rakyat Miskin hingga Jadi Favorit Ratu Italia

pizza

Roti gepeng ini dikenal di seluruh dunia. Ternyata, pizza pertama kali dihidangkan untuk rakyat miskin. Trend hidangan ini ternyata mulai merambah dunia setelah imigrasi orang Italia ke Amerika pada abad ke 19.

Istilah pizza pertama kali disebutkan dalam teks berbahasa Latin di Gaeta, di Italia Selatan pada 997 tahun Masehi. Dimana dalam teks tersebut menyebutkan pemilik properti tertentu harus menyediakan uskup Gaeta ‘duodecim pizze’ (dua belas pizza) setiap hari Natal dan 12 lainnya setiap hari Paskah.

Arkeolog dari Perancis, Italia, dan Sardinia menyatakan roti berbentuk gepeng sudah diciptakan sejak 7000 tahun lalu dan sejak itu berevolusi dengan penambahan topping. Salah satu yang dianggap sebagai pendahulu pizza adalah plakuos, roti gepeng bulat dengan toping bumbu herbal, bawang putih, dan bombay.

Hidangan pizza aslinya diciptakan di Napoli, Italia. Bertolak belakang dengan hidangan pizza yang saat ini disajikan secara mewah, pada awalnya di Napoli pizza dijual di jajanan kaki lima dan dideskripsikan sebagai makanan orang miskin.

Pizza, hidangan roti gepeng bertopping tomat, keju, minyak, anchovies, dan bawang putih yang lezat dijual dengan harga sangat murah. Pizza juga dianggap bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Napoli yang menginginkan hidangan yang bisa dikonsumsi kapanpun dan cepat disantap.

Pada tahun 1830, konsep pizzeria dengan penyediaan tempat duduk mulai merambah dan berhasil mempertahankan kepopuleran pizza hingga saat ini.

Dua varian pizza murni Italia adalah pizza marinara dan margherita. Racikan topping pizza tertua adalah marinara dengan topping tomat, oregano, bawang putih, dan extra virgin olive oil. Dinamakan marinara karena secara tradisional, hidangan ini disiapkan oleh la marinara, istri para nelayan untuk para suami yang pulang memancing dari teluk Napoli.

Setelah Italia menjadi negara kesatuan pada tahun 1861, Raja Umberto I dan Ratu Margherita mengunjungi Napoli tahun 1889. Dimana mereka mengunjungi Pizzeria Brandi dan disajikan sebuah varian pizza bernama pizza mozzarella, roti yang diberi topping keju putih lembut, tomat, dan basil yang langsung menjadi favorit sang ratu. Karena itu kombinasi toping ini diberi nama pizza Margherita.

Pizza pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat lewat kedatangan imigran Italia pada akhir abad 19. Hidangan ini sangat populer dikalangan imigran Italia yang tersebar di daerah New York, Chicago, dan Philadelphia. Pertamanya, pizza dijual oleh penjaja keliling menggunakan baskom besi.

Pizzeria yang pertama kali didirikan di Amerika Serikat adalah G. (dari nama Gennaro) di Spring Street, Manhattan tahun 1905. Pendirinya adalah pasangan ayah dan anak Giovanni dan Gennero Bruno yang datang dari Napoli tahun 1903.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s