BAGAIMANA MENEMUKAN IMPIAN HIDUP ANDA

dream3

BAGAIMANA MENEMUKAN

IMPIAN HIDUP ANDA

 

 

            Saya punya tugas bagi Anda.

            Apakah Anda ingin tahu mengapa Anda dilahirkan?  Apa misi suci dalam hidup Anda?

            Inilah yang Anda lakukan: Jadwalkan beberapa jam untuk suatu retret pribadi; sepanjang hari akan lebih baik.  Ambil kalender Anda dan tandai hari istimewa itu dengan sebuah pen merah.  Tak seorangpun menyentuh hari itu.  Itu adalah janji temu Anda dimana Anda mendiskusikan hidup Anda dengan Tuhan.

            Ambil waktu itu untuk melakukan refleksi pribadi dan tanyakan pertanyaan berikut pada diri Anda.  Inilah beberapa “pertanyaan hati” untuk Anda jawab…

 

 

Pertanyaan Untuk Dijawab:

 

         Apa kelebihan terbesar Anda?

         Apa talenta utama yang telah diberikan pada Anda untuk memberkati dunia?

         Apa yang paling Anda suka lakukan?

         Apa momen paling bahagia dalam hidup Anda?  Apa yang Anda lakukan pada momen itu?

         Jika diberikan kesempatan untuk hidup dengan cara apapun dan melakukan apapun – sekalipun pilihan Anda sangat tidak masuk akal – hidup seperti apa yang akan Anda pilih?

 

 

Bayangkan Diri Anda Pada Ulang Tahun Ke-75 Anda:

 

         Anda ingin menjadi orang seperti apa pada saat itu?

         Prestasi apa yang ingin Anda capai?

         Jika anggota keluarga memberi penghormatan pada pesta ulang tahun Anda ke-75, dan berterima kasih pada Anda dan mengatakan hal-hal baik yang telah Anda lakukan, apa yang Anda ingin mereka katakan pada Anda?

 

 

Tulis sebuah Pernyataan Misi Pribadi Sementara:

 

            Dari jawaban Anda di atas, tulis sebuah Pernyataan Misi Pribadi sementara.  Satu kalimat ini harus mengekspresikan apa yang sangat Anda yakini tentang apa yang akan dicapai hidup Anda pada akhirnya.  Ini harus menginspirasi dan bisa menggerakkan.  Dan jangan kuatir jika itu tidak sempurna.  Pernyataan Misi Pribadi Anda harus melalui banyak revisi dan koreksi seiring berjalannya waktu.  Anda harus meninjau kembali Pernyataan Misi Pribadi Anda dalam doa secara rutin.

 

 

Akhirnya, Tulis Impian Hidup Anda

 

            Sekarang setelah Anda menuliskan Pernyataan Misi Pribadi, tuliskan deskripsi dari hidup Anda selama dua puluh lima tahun mendatang.  Gambarkan diri Anda, jadwal Anda, pekerjaan Anda, rumah Anda, relasi Anda, proyek Anda, karakter Anda…secara detil.  Jangan kuatir jika Anda mengisi beberapa halaman untuk Impian Hidup Anda.  Biarkan hati Anda berbicara seolah Anda melukis di kanvas imajinasi Anda.

 

 

Buat Rencana Finansial Anda Berdasarkan

Impian Hidup Anda

 

            Setelah menulis dokumen Impian Hidup Anda, tulis rencana finansial Anda: Berapa yang harus Anda hasilkan tahun depan.

            Menuliskan tujuan finansial merupakan latihan dalam iman.  Dan latihan dalam komitmen pribadi.  Pikiran Anda akan dipaksa untuk terbuka dan memikirkan cara bagaimana tujuan itu dapat terpenuhi.  Ketika saya melakukan ini, rasanya seperti ada suatu kekuatan yang dilepaskan pada diri saya.  Tapi ketika saya mencoret di kertas setiap ide apapun yang timbul dalam pikiran saya, saya berulang kali kembali kepada misi hidup saya – karena begitulah caranya Tuhan akan menyediakan bagi saya.

            Mari saya jelaskan.

            Saya percaya bahwa ketika kita setia pada misi kita dan memberi diri kita kepada dunia dan dengan tulus menolong orang agar memiliki hidup yang lebih baik, kita melihat dunia membayar kembali.  Ketika kita memberi, kita menerima – dan kita tidak hanya menerima, tapi kita menerima lebih banyak dari yang telah kita berikan.  Mengapa?  Karena Tuhan telah menulis Hukum timbal-balik di dunia.

            Tentu saja, agar Hukum Timbal-balik ini bekerja, Anda perlu mengisi apa yang layak untuk Anda dan tidak meloakkan diri Anda.  Menghasilkan uang tidak membuat Anda kurang rohani.  Jika uang yang akan Anda hasilkan adalah untuk mendukung Impian Hidup yang telah ditunjuk Tuhan, itu adalah sangat rohani. 

            Sejauh ini, saya telah mampu mencapai tujuan finansial saya – cukup untuk menghidupi keluarga saya dan lebih dari cukup untuk bermurah hati kepada mereka yang membutuhkan – bagian kedua adalah bagian hakiki dalam misi saya.

            Tapi yang lebih penting, dengan membuat rencana finansial berdasarkan Impian Hidup saya, saya hidup dengan hati-hati, dan uang masih tetap terhubung dengan misi saya – bukan sesuatu yang terpisah darinya.  Karena keberhasilan bagi saya bukanlah memiliki kekayaan terbesar tapi kepenuhan impian hidup saya – sembilan puluh persen dari hal itu bukan soal finansial.

 

            Semoga impian Anda menjadi kenyataan,

        Bo Sanchez

Leave a Reply

